Tuesday 23 December 2008

TIDAK ADA ALASAN UNTUK TIDAK MEMILIH!!!

21 Desember 2008,

+ : Jadi bagaimana 2009 cess!! Siapa yang kita’ (baca:anda) pilih??

- : GOLPUT mo saja deh!!

+ : GOLPUT??

- : Iya, daripada salah pilih…

+ : Salah pilih???

- : Karena dari beberapa kandidat, tidak ada yang kukenal... daripada salah pilih, lebih baik GOLPUT...

+ : ????

Alasan seperti percakapan di atas tidak seharusnya terlontarkan dari mahasiswa. tidak mengenal/mengetahui kandidat, atau bahkan menganggap tidak ada kandidat yang sesuai dengan keinginannya bukan alasan bahkan seharusnya TIDAK ADA ALASAN UNTUK TIDAK MEMILIH!!!

Tidak mengenal/mengetahui kandidat, atau bahkan menganggap tidak ada kandidat yang sesuai dengan keinginannya akan terjawab dengan kewajiban kita untuk menuntut ilmu, kewajiban kita untuk mencari jawaban atas apa yang menjadi permasalaan kita. Jangan sampai ilmu yang dimaksudkan hanya materi-materi yang berbau akademik saja.

Percakapan di atas adalah realita yang memperlihatkan bahwa ternyata fenomena GOLPUT menjadi pilihan sebahagian mahasiswa yang notabene adalah AGENT OF CHANGE (baca: Agen Perubahan). Padahal, menyuarakan aspirasi sebenarnya sama saja dengan advokasi-advokasi yang dilakukan di jalan-jalan.

Bagaimana mungkin tejadi perubahan besar ke arah yang lebih baik terjadi di negeri kita ini tanpa ada yang berusaha?? Bukankah Allah swt telah mengatakan dalam firmanNya:

…Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…

QS. Ar-Ra’d: 6)

Jadi, apalagi yang kita tunggu? bukankah janji Allah itu pasti??

Jangan sampai kita menzhalimi nurani kita dengan tidak memberikan haknya dan tidak memenuhi kewajibannya.

Kapan lagi kita bertindak sadar untuk melakukan perubahan di negeri kita. jangan sampai kesempatan ini terlewatkan begitu saja dan disertai penyesalan di kemudian hari.

No comments: